Ketangguhan dan keuletan suatu bangsa dalam mengembangkan kekuatan nasional merupakan salah satu modal dalam membentuk ketahanan bangsa dalam situasi yang dinamis atas segala pengaruh budaya, ekonomi, politik dan sebagainya. Ditinjau secara geografis, ketangguhan bangsa terwujud sebagai untaian kepulauan dari Sabang – Merauke yang harus dijaga keberadaannya secara teritorial sesuai dengan hukum internasional. Salah satu pemodelan dan pemetaan untuk pengelolaan wilayah tersebut dilakukan dengan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis. Lebih jauh lagi kedua teknologi ini sekaligus dapat diterapkan dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi dalam peran dan eksistensi geografi untuk penyelesaian masalah keruangan, lingkungan dan kewilayahan.

Ketangguhan bangsa bukan hanya dibangun secara fisik namun juga secara mental dan pengetahuan. Berbagai kemudahan dan kecanggihan yang ditawarakan teknologi informasi dan komunikasi baik melalui perangkat keras/lunak dan konten secara tidak langsung membawa budaya baru sehingga menimbulkan culture shock bagi masyarakat yang belum mampu mengoptimalkan kebergunaannya. Regulasi yang diterapkan pada perangkat keras melalui TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) belum cukup untuk melindungi industri dalam negeri dan masyarakat dengan kemungkinan resiko terpapar dampak negatif penyalahgunaanya. Masyarakat perlu disiapkan melalui pendidikan intensif mengenai penggunaan, pemanfaatan bahkan eksplorasi terhadap kecanggihan fitur – fitur yang ditawarkan oleh sebuah teknologi.

Demikianlah, maka dipandang perlu adanya sebuah forum ilmiah antara akademisi, pemerintah, swasta dan masyarakat (quad-helix) untuk mengkaji masalah dan menciptakan inovasi dalam hal ketangguhan bangsa ditinjau dari sisi geografi sekaligus teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu upaya memperkuat lini ketahanan nasional.

Topik

  1. Sistem Informasi Geografi dan Penginderaan Jauh
  2. Information Communication Technology untuk Pendidikan Berkarakter
  3. Virtual Technology untuk Kemajuan Bangsa
  4. Game dan Multimedia Pembelajaran
  5. Topik lain yang relevan